Senin, 08 Februari 2010

Ketrampilan penunjang pergaulan



Masa kecil saya tinggal di kota setingkat kabupaten. Anda bisa bayangkan fasilitas yang tersedia di kota sekecil itu. Bahkan selama saya mengenyam pendidikan sampai SMA (Sekolah Menengah Atas), jaman sekarang SMU (Sekolah Menengah Umum), saya tidak pernah mendapatkan materi berenang. Hal ini bisa terjadi karena di masa itu tidak ada satupun kolam renang di sana.

Pada waktu itu juga belum ada perguruan tinggi yang memadai. Kalau tidak salah hanya ada dua kampus swasta. Yang satu IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan yang satu Universitas dengan jurusan yang terbatas. Yang jelas di sana tidak menyediakan Fakultas Teknik. Makanya pada saat itu, selepas SMA para lulusannya sebagian besar urban ke kota lain. Mereka melanjutkan pendidikan yang dianggap lebih layak, termasuk saya.

Selama kuliah saya bisa menambah pengetahuan seputar life style kota metropolis. Maklum, sebagai mahasiswi, saya adalah anak kos. Jadi hanya bisa mempelajari, tapi tak bisa mengikuti. Saat itu motivasi anak kos seperti saya hanya lulus...dan lulus.. Akhirnya saya lulus tepat waktu dengan predikat yang tidak mengecewakan.

Hanya dengan hitungan bulan saya mendapatkan pekerjaan yang layak. Dan saya memutuskan melepaskan masa lajang. Kuliah sudah, kerja sudah, menikah sudah,... tapi kita sebagai manusia harus mau berkembang. Saya merasa dengan belajar dan menambah pengetahuan bisa membuat kita lebih bernilai. 

Sekarang saya sudah tidak mahasiswi lagi. Tentunya saya akan menghadapi lingkungan yang sangat berbeda. Selain itu saya dan suami sudah mempunyai kesibukan masing-masing yang tak mungkin saling bergantung saat menjalankan aktivitas. Mulailah saya berfikir untuk bisa menyetir sendiri. Tanpa tergantung harus diantar suami (mau membayar driver juga belum mampu) dan saya akan bisa lebih mobile kemana-mana.

Dengan memperhatikan lingkungan sekitar, saya juga memulai belajar ber-olah vokal. Meskipun sampai sekarang kepandaian bernyanyi saya masih terbilang minus, tapi yang penting secara psikologis jauh lebih percaya diri saat hang out bersama teman-teman di karaoke. Saya juga memperdalam Bahasa Inggris dan belajar berenang, meski berbicara dalam Bahasa Inggris saya masih jauh dari kata sempurna dan hanya bisa berenang gaya dasar, yaitu gaya katak (yang penting bukan gaya anak sungai, atau lebih parah : gaya batu..!). Sementara sampai saat ini ketrampilan tambahan tersebut sangat mendukung  dalam bergaul dengan teman-teman saya dan memperluas pergaulan di lingkungan sekitar saya.

Kebutuhan akan teman dan saling berinteraksi ini mengingatkan kita pada hirarki kebutuhan dari Teori Maslow. Teori ini telah menyusun kebutuhan menjadi suatu hirarki. Dimana setiap orang akan memenuhi kebutuhannya dari hirarki yang paling rendah dan akan otomatis meningkat untuk memenuhi kebutuhannya yang lebih tinggi.

Hirarki Kebutuhan dari Maslow (Maslow’s Need Hierarchy), secara berurutan adalah sebagai berikut:

  1. Fisiologis.
  2. Keselamatan dan keamanan (safety and security).
  3. Rasa memiliki (belongingness), sosial dan cinta.
  4. Penghargaan (esteems)
  5. Realisasi diri (self actualization)


Kita sebagai manusia tidak akan pernah merasa puas dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satu teori tentang kepuasan adalah hirarki kebutuhan dari Maslow. Pada hirarki ke 3 (tiga) disebutkan bahwa jika kebutuhan akan fisiologis, keselamatan dan keamanan sudah terpenuhi, maka kita akan berusaha memenuhi kebutuhan akan rasa memiliki, sosial dan cinta. Hal ini termasuk kebutuhan akan teman dan interaksi. Menambah ketrampilan dapat  menunjang kita dalam memperluas pergaulan.*)By: Yunie Sudiro


Referensi:
Gibson; Ivancevich; Donnely (1993); Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, Proses; Edisi keempat; Penerbit Erlangga; Jakarta

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Jd terinspirasi... taun ini hrs bs nyetir sendiri jd ga ngandelin suami aja, hrs bisa renang, ga cuma gaya meluncur doang, kalo liburan bisa renang di poolnya.... ;) keep posting ya mba Yuni... two tumbs up buat mba yuni...kissese