Selasa, 16 April 2019

Deskripsi Pekerjaan dalam Rumah Tangga



Sebelum menguraikan hal-hal apa saja yang berkenaan dengan manajemen rumah tangga diperlukan pengenalan apa arti rumah tangga itu sendiri. Sehingga kita bisa mengidentifikasi pekerjaan-pekerjaan yang terkandung di dalamnya.

  1. Definisi Rumah Tangga 
Mengacu pada Wikipedia, berdasarkan referensinya, Haviland, W.A. (2003),  Anthropology, wadsword: Belmont, CA dikatakan bahwa rumah tangga terdiri dari satu atau lebih orang yang tinggal bersama-sama di sebuah tempat tinggal dan juga berbagi makanan atau akomodasi hidup dan terdiri dari satu keluarga atau sekelompok orang. Rumah tangga dalam arti luas, tidak hanya terbatas pada keluarga, bisa berupa rumah tangga perusahaan, rumah tangga negara dan lain sebagainya.
Sedangkan dalam arti kata itu sendiri menurut kamus Bahasa Indonesia, rumah tangga (kata benda) yang mempunyai arti berkenaan dengan keluarga. Dan ada beberapa arti kata keluarga (kata benda) menurut kamus Bahasa Indonesia, salah satunya adalah bapak beserta ibu dan anak-anaknya. 
Dengan demikian rumah tangga yang saya maksud adalah sebuah keluarga yang didalamnya terdiri bapak beserta ibu dan anak-anaknya.

  1. Definisi Ibu Rumah Tangga
Untuk pendefinisian ini perlu kita pahami tentang peran sosial dan status sosial. Peran sosial adalah pelaksanaan hak dan kewajiban seseorang sesuai dengan status sosialnya. Peran sosial bersifat dinamis sedangkan status sosial bersifat statis. Peran sosial itu sendiri ada macam-macamnya. Masing-masing peran sosial itu dibedakan menjadi tiga macam, yaitu: 

  1. Peran ideal, 
Peran ideal adalah peran yang diharapkan masyarakat terhadap status-status tertentu. Jika peran yang kita lakukan berbeda dari ekspektasi masyarakat maka dianggap tidak berperilaku sesuai norma masyarakat. Contoh: status sebagai istri, maka peran yang diharapkan sesuai status kita sebagai istri adalah harus mengurus rumah tangga, yaitu harus mengurus suami, harus merawat dan mengasuh anak. Peran inilah yang umumnya disebut sebagai ibu rumah tangga.

  1. Peran yang diinginkan 
Peran yang diinginkan adalah peran yang diharapkan oleh diri kita sendiri. Misalnya, seorang istri yang berharap menjadi wanita karir dan tak ingin hanya sebagai ibu rumah tangga saja. 

  1. Peran yang dikerjakan. 
Peran yang dikerjakan adalah peran yang dilakukan seseorang sesuai kenyataannya. Misalkan seorang istri yang menjadi ibu rumah tangga dan bukan menjadi Wanita karir.

Pada jaman sekarang, sudah banyak para istri yang memiliki peran ganda dalam menjalani kehidupannya meskipun secara status sosial tetap sebagai istri atau ibu rumah tangga.

  1. Jenis-jenis Pekerjaan dalam Rumah Tangga dan Deskripsinya
Dengan berpatokan pada uraian definisi rumah tangga dan ibu rumah tangga, saya mengidentifikasikan jenis-jenis pekerjaan dalam suatu rumah tangga secara garis besar sebagai berikut:

  1. Pekerjaan rumah atau tata graha (house keeping)
Pekerjaan ini meliputi semua tentang kebersihan dan perlengkapan rumah. 
  1. Urusan dapur atau makanan dan dapur (food and kitchen)
Pekerjaan ini meliputi penyediaan makanan dan perlengkapan dapur.
  1. Keuangan keluarga (family finance)
Pekerjaan ini meliputi pencatatan harian keuangan dan perencanaan keuangan keluarga.
  1. Merawat dan mengasuh anak (parenting)
Pekerjaan ini meliputi semua hal tentang perawatan dan pengasuhan anak termasuk pendidikannya. 


Manajemen rumah tangga merupakan cara-cara pengaturan mengenai rumah tangga. Rumah tangga dalam hal ini adalah sebuah keluarga yang didalamnya terdiri bapak beserta ibu dan anak-anaknya. Berdasarkan peran sosial (peran ideal), yang berperan dalam pengaturan operasional rumah tangga ini dilakukan oleh para istri, yang selanjutnnya disebut sebagai ibu rumah tangga. Namun banyak pula para ibu rumah tangga ini memilih melakukan peran ganda dalam kehidupan sehari-hari, yaitu merangkap sebagai wanita karir. Ada beberapa jenis pekerjaan untuk menjadikan rumah tangga mencapai tujuan masing-masing. Untuk itu diperlukan adanya suatu pengaturan agar  dapat mencapai tujuan yang dimaksud.*) By: Yunie Sudiro.


Referensi:
  1. Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas; Rumah Tangga; id.m.wikipedia.org/wiki/Rumah_tangga; Diakses tanggal 16 April 2019.
  2. Tanti Yuniar, Sip; Kamus Lengkap Bahasa Indonesia; Agung Media Mulia.
  3. Niza Lauzi (2017); Siap Menjadi Mama; Alex Media Komputindo, Jakarta.

Tidak ada komentar: